бесплатные клиентские игрыбесплатные браузерные онлайн игрыreborn online обзоригра Blood and Soulигра panzarкабал онлайн бесплатноонлайн игра седьмой элементИгра Karos Onlineонлайн игра Warsideиграть бесплатно royal questworld of dragons клиентская онлайн играиграть бесплатно Star Conflictбесплатная онлайн игра forsaken worldinfestation survivor stories бесплатная онлайн играигра Thief

Guna pemulihan trauma paska kebakaran yang terjadi di Kelurahan Baamang Hilir beberapa waktu lalu, ratusan warga korban kebakaran mengikuti terapi dan motivasi untuk bangkit, dengan menghadirkan dokter jiwa dari RSUD Dokter Murjani Sampit, Senin 17 Desember pagi kemarin.

Suasana di Masjid Istiqlal jalan Usman Harun Sampit, tampak dipenuhi kalangan ibu-ibu dan anak-anak guna mengikuti pemulihan trauma paska kebakaran dan motivasi untuk bangkit. Dipandu Dokter Jiwa atau Psikiater dari RSUD Dokter Murjani Sampit, dr. Dwiharjo Suyanto, SPKJ, para peserta dengan antusias mengikuti kegiatan ini.

Menurut Dwiharjo, setiap terjadi bencana, pasti akan muncul masalah Psikologis yang sering timbul seperti masalah kecemasan atau gangguan stress paska trauma. Salah satu cara untuk mengurangi ketegangan itu adalah dengan latihan relaksasi, zikir, doa, beribadah, maupun ngobrol dengan sesama teman.

Kepada SSTV, Dokter Jiwa atau Psikiatri dari RSUD Dokter Murjani Sampit, dr. Dwiharjo Suyanto, SPKJ, mengungkapkan para warga diberikan terapi dengan metode self hipnotis, yakni metode dengan menghipnotis diri sendiri agar perasaan menjadi tenang. Pada kondisi ini peserta akan merasakan tubuh terasa ringan.

Dwiharjo menambahkan, apabila metode ini secara rutin dilatih, seseorang akan semakin mudah dan masuk dalam keadaan kondisi santai dan rileks, sehingga yang bersangkutan menjadi lebih baik dan tingkat ketegangan akan berkurang.

Sementara itu kegiatan pemulihan paska trauma ini menurut Ketua Panitia, Ayu Putu Sudharsana, mengatakan sebagai rangkaian Peringatan Hari Ibu ke 48. Beragam kegiatan lainnya akan digelar seperti pelaksanaan KB Mandiri, maupun malam renungan HIV-AIDS.

Ayu putu sudharsana, menyatakan kegiatan ini sebagai moment bagus sebagai upaya pemulihan kondisi psikologis bagi para korban kebakaran.

Ditambahkan Ayu, pihaknya juga memberikan bantuan bagi korban kebakaran seperti tas dan perlengkapan sekolah, maupun bentuk bantuan lainya untuk turut meringankan penderitaan para warga setempat.

Normansyah SSTV

Comments are closed.